Hari Fitri 1432 H: Kebeningan itu…


Beningnya hati

mjulkifli – Syawal adalah hari kemenangan bagi ummat Islam di seluruh dunia. Pemuasan adanya, selalu dapat engkau tahan dikarenakan rasa ikhlas hanya pada sang Rabbul ‘Alamin.

Bermain-main untain taujih rabbani di malam hari membengkakkan mata, berlapar-lapar diri ketika siang hari hanya dan hanya karena sang kekasih Allah Azza Wajjala.

Ketika itu pula Allah SWT dalam wantinya QS Al Baqarah 183 sering terdengar dalam tiap taujih para ustadz dan khotib. Pertanda bahwa wajibnya puasa adalah paripurna sang hamba manusia meraih predikat taqwa. Rasa taqwa ini belum terbenam ada dalam diri sehingga kebeningan hati jauh panggang dari api.

Akankah beningnya embun hinggap pada diri, sementara telah berlalu wanti Allah SWT itu?..

Subhanallah, engkau akan menggapai kebeningan itu bila tetapnya rasa taqwa selalu ada dalam setiap gerak aktivitas. Rasa takut akan hilangnya cinta Allah SWT, begitupun murka azabnya menimpa, seiring takut akan hilangnya harta benda, anak, istri dan suami. Itu semua dicintai bukan?..

Jawaban pasti ya..ya..sangat mencintai dan takut kehilangan mereka. Apatah dengan taqwa bila ia lepas begitu saja setelah berlalu bulan penuh makna ketaqwaan. Beningkah atau keruhkah hati ini?..

Kebeningan itu..akan tampak mengalir seperti embun didedaunan nan hijau bila rasa taqwa masih utuh tak lapuk mudah hilang walau Ramadhan berlalu, namun wanti Allah SWT tetap dalam gerahamnya.

Kebeningan itu..peliharalah dan jagalah sampai 11 bulan berikutnya..bahkan sampai detik hembusan nafas terakhir..Yaa ayyatuhan nafsul mut ma innah irji ‘i ilaa rabbiki mar dhiyyah fatkhuli fii ‘ibadi wadkhuli janna ti..Hai jiwa yang tenang Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya Maka masuklah ke dalam jama’ah hamba-hamba-Ku,masuklah ke dalam syurga-Ku.

Kebeningan itu..Insyaallah..amin..

SELAMAT HARI RAYA ‘IDUL FITRI 1432 H, MAAF BILA ADA SALAH DAN KHILAF BAIK LAHIR MAUPUN BATHIN..TAQABALLAHU MINNA WA MINKUM..SEMOGA AMAL IBADAH KITA DITERIMA  ALLAH SWT.AMIN..

/mjk

This entry was posted in Al Islam. Bookmark the permalink.

Leave a comment