Kesehatan Jantung


sakitjantung_82Yahoo.com Suara yang terlalu keras dan bising sangat mengganggu kenyaman. Bising tidak hanya bisa membahayakan pendengaran. Peneletian bahkan menunjukkan bahwa suara bising yang sangat berisik bisa membahayakan kesehatan jantung. Berhati-hatilah jika selalu berada di tempat yang bising.

Dilansir dari Genius Beauty,  penelitian yang dilakukan oleh Professor Eriksson Caroline bersama rekannya dari Karolinska Institu di Stockholm menemukan bahwa suara bising tingkat rendah bisa mengganggu aktivitas sistem kerja normal jantung dan juga pereredaran darah.

Penemuan tersebut merupakan hasil penlitiaan yang melibatkan 110 orang relawan. Para peneliti menggunakan monitor untuk mencatat detak jantung mereka. Kemudian mereka mencatat detak jantung saat para relawan berada dalam kondisi suara bising tidak melebihi 65 desibel atau setara dengan orang sedang berbicara keras-keras.

Saat berada dalam kondisi tersebut detak jantung para relawan bergerak cepat dan pembuluh darah menegang. Kemudian tingkat kebisinganpun dikurangi, dan berangsur denyut jantung melambat serta pembulu darah kembali rileks. Para ahli menemukan bahwa lingkungan bising dapat membuat variabilitas denyut jantung menjadi tidak cukup, karena tertekan dan terganggu oleh suara. Dan hal ini bisa meningkatkan kemungkinan serangan jantung.

Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa suara bising yang mengganggu tidur dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Demi alasan kesehatan sebaiknya hindari banyak beraktivitas atau bekerja di tempat yang bising.

Sumber : yahoo.com/health

//mjk

Advertisements
This entry was posted in Kesehatan, Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s