Uskup Makarius: Aparat Keamanan Dibalik Perusakan dan Pembakaran Gereja Mesir


KAIRO – Tuduhan Menteri dalam negeri terhadap pendukung pro Mursi yang melakukan aksi pembakaran dan perusakan gereja, dibantah langsung oleh pernyataan Baba Koptik tinggi di provinsi Al Menya, Mesir. Dalam percakapan melalui sambungan telepon dengan stasiun televisi NEWS, Uskup Makarius, menyatakan kecurigaannya tentang aksi perusakan beberapa gereja di di propinsi Al Menya.
#IM2
Beberapa kecurigaan diantaranya, waktu perusakan yang dimulai secara bersamaan dengan aksi pembubaran paksa demonstran di Medan Rab’ah dan Nahdhah pada Rabu pagi, sehingga sudah dapat dipastikan aksi perusakan beberapa gereja direncanakan secara mendetail dan dilaksanakan bersamaaan dengan pembubaran paksa para demonstran.
Selain itu, tidak ada pihak aparat keamanan dan militer yang mengamankan lokasi ketika terjadi perusakan. Pihak gereja telah menghubungi kepolisian untuk segera mengamankan, tapi ditolak dan tidak bersedia datang memenuhi permintaan warga sipil.
Beberapa hari setelah kejadian, pihak gereja mengajukan protes kepada Depdagri dan perdana menteri. Pihak-pihak tersebut memohon maaf, dan berjanji akan memperkuat pengamanan, namun hingga saat ini janji tersebut tidak ada kenyataannya.
Ada hal lain yang menambah kecurigaan sang uskup, yaitu mendapati adanya kesamaan cara, metode dan alat perusak yang digunakan dalam setiap gereja. Padahal letak gereja-gereja tersebut berjauhan dan kejadian berlangsung pada waktu yang hampir bersamaan.
Keganjilan-keganjilan ini memperkuat dugaan adanya upaya yang sengaja dilakukan aparat keamanan dan militer yang bertujuan menyudutkan pendukung Mursi, sehingga tepatlah kalau mereka dicap sebagai teroris dan layak dibantai.
Dipilihnya propinsi Almenya, karena memang di sana sering terjadi kasus SARA yang kadang menjadi penyebab jatuhnya banyak korban jiwa.
(Zhd/eramuslim)
Advertisements
This entry was posted in International. Bookmark the permalink.

One Response to Uskup Makarius: Aparat Keamanan Dibalik Perusakan dan Pembakaran Gereja Mesir

  1. It’s very expited articles.. from jellygamatluxor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s