Banyak Manfaat Pepaya Bagi Tubuh Anda


Pepaya Thailand

mjulkifli – Pepaya dalam bahasa latinnya Carica papaya L., atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan. Kini buah ini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya.

Pepaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, “papaja”, yang pada gilirannya juga mengambil dari nama bahasa Arawak, “papaya”. Dalam bahasa Jawa pepaya disebut “katès” dan dalam bahasa Sunda “gedang”.

Sepertinya banyak orang yang sudah tahu bahwa banyak sekali manfaat yang terdapat dalam buah pepaya untuk kesehatan. Ternyata tak hanya buahnya, bagian akar, getah, biji dan daunnya juga bermanfaat, apa saja manfaatnya?

Seperti dilansir dari pusat medis, pepaya tidak hanya bermanfaat bagian buahnya tapi juga bijinya. Biji pepaya bisa digunakan untuk mengobati penyakit cacing yakni dengan mengunyah sesendok teh biji saat perut kosong serta membantu mengatasi masuk angin, diare dan gangguan pencernaan.

Biji pepaya mengandung zat likopen yang penting untuk membuat mata tetap sehat dan berbinar. Mulailah mengonsumsi biji pepaya sebanyak sepuluh butir setiap hari, maka Anda akan merasakan manfaatnya. Biji pepaya juga dapat untuk menghitamkan rambut.

Tetapi jangan dilupakan pula manfaat daging pepaya yang tidak terlepas dari enzim papain yang terkandung di dalamnya. Manfaatnya antara lain mempercepat proses pencernaan terutama zat protein yang sulit untuk dicerna oleh tubuh. Selain itu, papain juga membantu proses pembentukan arginin yang mempengaruhi produksi hormon untuk pertumbuhan manusia.

Hormon ini nantinya berperan dalam mengurangi lemak tubuh, menyehatkan otot dan mencegah kanker payudara. Enzim papain dalam buah pepaya juga bermanfaat untuk membuang racun di dalam tubuh, mempercepat proses pencernaan lemak dan karbohidrat. Khasiat pepaya juga berperan sebagai zat antiseptik dalam tubuh yang bisa menghambat bakteri merugikan. Mencegah berbagai penyakit seperti gangguan ginjal, gangguan haid, dan tekanan darah tinggi merupakan manfaat pepaya yang lainnya.

Sumber : http://www.today.co.id/read/2011/06/04/36298/banyak_manfaat_pepaya_bagi_tubuh_anda

//mjk

 

Advertisements
This entry was posted in Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s