Status Disclaimer Kemendiknas Bukan Biasa-biasa


JAKARTAPredikat disclaimer yang disandang Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) membuat anggota Komisi X DPR, Rohmani kecewa.

Penetapan status ini diberikan karena pihak Kemendiknas tidak memberikan opini atau disclaimer atas laporan keuangan Kemendiknas 2010. Padahal, menurut Rohmani, Kemendiknas merupakan kementerian vital dalam membangun bangsa ini.

“Masa depan pendidikan bangsa ini berada di pundak Kemendiknas. Bila penilaian disclaimer itu diperoleh, maka ada persoalan dalam tubuh kementerian tersebut,” kata Rohmani seperti dikutip dari pernyataan tertulisnya, Selasa (21/6/2011).

Porsi besar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2010, turut menjadi alasan Rohmani merasa kecewa dengan tanggapan yang diberikan oleh Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh bahwa disclaimer merupakan hal biasa.

Kok bisa disclaimer dibilang hal biasa. Ini uang negara, menyangkut masa depan bangsa. Aneh. Tidak tepat seorang pejabat negara mengungkapkan kata-kata seperti itu,” ujar Rohmani menjelaskan.

Rohmani berharap status disclaimer ini bisa segera diketahui titik persoalannya. Maka, dia meminta BPK untuk memberikan rekomendasi poin-poin yang terkait permasalahan tersebut.

“Hal ini harus segara dicari letak persoalannya, terutama penyebab disclaimer tersebut. Persoalan Kemendiknas sangat menyita perhatian karena menyangkut masa depan negara,” ujarnya menegaskan.

Anggota dewan yang berasal dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menambahkan, keseriusan Kemendinas sangat diperlukan dalam memperbaiki persoalan ini. Jangan sampai status disclaimer memperburuk citra pengelola pendidikan nasional.

Sumber : oke zone, kompas news

Advertisements
This entry was posted in Nasional. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s